fbpx

My Journey (Part 1)

Jacaranda; Spring in Adelaide, South Australia

 

This is my story. A story about pursuing a big dream.

In the middle of 2014.

Saat itu, Fatih, anak keduaku baru berumur 2 bulan.  Saya ke Mataram untuk ikut ujian TOEFL di Lab. Bahasa UNIVERSITAS MATARAM. Dua minggu kemudian hasil test keluar dan Alhamdulillaah saya lulus (dengan score 532) untuk ikut bersaing mendapatkan beasiswaLuar Negeri. Akhirnya di November pada tahun yang sama, email dari Australia Awards Indonesia (AAI) masuk sebagai undangan untuk ikut wawancara bulan Januari 2015 di BKD Provinsi NTB.

Januari 2015

Saya pun ikut wawancara (Joint Selection Team) sekaligus test IELTS untuk pertama kalinya di BKD Provinsi (di belakang UNRAM). Setelah sebulan bulan nunggu, tepatnya 10 Februari 2015 hasil wawancara pun keluar dan I got terrible news; aku nggak LULUS. Ya udah, aku ngga lulus.TITIK. Kecewa? Ya iyalah, wong aku dah belain mati-matian supaya dapet Beasiswa ini.

Tapi good news-nya adalah saat itu bertepatan dengan masih terbukanya pendaftaran AAS untuk tahun 2015. However, rasa males dan kecewa masih menghinggapi. Pas saya ke dinas Dikbudpora Taliwang, saat itulah saya ketemu dengan teman yang nanya perihal saya daftar AAS atau ngga tahun ini. Saya bilang ah males. But, I don’t know kenawhy tetiba saya termotisavi untuk daftar AAS yang waktunya tinggal 3 hari? Tapi tak ada yang tak mungkin. Hari terakhir berkas rampung. Imagine, hanya butuh tiga hari bolak balik dinas nyelesaiin berkas ijin dari dinas. Tepat setengah jam sebelum deadline, ALHAMDULILLAAH semua dokumen berhasil terupload ke website AAI.

NOVEMBER 2015

Email dari AAI pun masuk lagi persis seperti di tahun sebelumnya. Isinya undangan untuk ikut interview oleh JST (13 January 2016) dan Test IELTS (9 January 2016). Belajar dari pengalaman sebelumnya dan feedback dari AAI, saya yakin kali ini kemungkinan besar lulus. Dan saat yang ditunggu itupun tiba. Tabletku bunyi pertanda pesan masuk. Namun tak langsung kugubris. Mungkin sejam kemudian aku check dan ternyata ada email masuk dari AAI. “Congratulation! On behalf of the Australian government, we are delighted to inform you that you have been offered an Australia Awards Scholaarship for the 2016 intake”. Wuuiiiiiiiiiih senneeeengnyaaaa..apalagi skalian dengan undangan untuk ikut Pre-Departure Training (PDT) di Bali dari 11 April 2016 sampai 07 October 2016.

to be continued….(my journey part 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *